Tuesday, October 30, 2012

Sejarah Singkat Gadget

Assalamu'alaikuum :D

Malem-malem gini nganggur nih... Cerita soal asal-usul kata gadget aja yaaah di blog saya ~_~

Asal-usul dari "gadget" kata melacak kembali ke abad ke-19. Menurut Oxford English Dictionary, ada bukti untuk penggunaan "gadget" sebagai nama pengganti untuk item teknis yang tidak dapat diingat (katanya sih gitu) yang sejak tahun 1850-an, dengan 1886 buku milik Robert Brown, Spunyarn and Spindrift, A sailor boy’s log of a voyage out and home in a China tea-clipper merupakaan penggunaan awal dari kata gadget yang dikenal dan dicetak. Etimologi dari kata tersebut awalnya sih diperdebatkan. Sebuah cerita beredar luas menyatakan bahwa kata gadget itu "diciptakan" ketika Gaget, Gauthier & Cie, perusahaan di balik pembangunan repousse dari Patung Liberty (1886), membuat versi skala kecil monumen dan diberi nama dengan nama perusahaan mereka. Namun ini bertentangan dengan bukti bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di kalangan bahari, dan fakta bahwa hal itu tidak menjadi populer, setidaknya di Amerika Serikat, sampai setelah Perang Dunia I. Sumber-sumber lain mengutip derivasi dari Perancis gâchette yang telah diterapkan pada berbagai potongan mekanisme untuk menembak, atau gagée Perancis, sebuah alat kecil atau aksesori. 

Kejadian yang terjadi pada Oktober 1918 yaitu Notes and Queries berisi sebuah artikel yang memuat tentang kata "gadget" (12 S. iv. 187). H. Tapley-Soper dari Perpustakaan Kota Exeter, menulis: 
A discussion arose at the Plymouth meeting of the Devonshire Association in 1916 when it was suggested that this word should be recorded in the list of local verbal provincialisms. Several members dissented from its inclusion on the ground that it is in common use throughout the country; and a naval officer who was present said that it has for years been a popular expression in the service for a tool or implement, the exact name of which is unknown or has for the moment been forgotten. I have also frequently heard it applied by motor-cycle friends to the collection of fitments to be seen on motor cycles. 'His handle-bars are smothered in gadgets' refers to such things as speedometers, mirrors, levers, badges, mascots, &c., attached to the steering handles. The 'jigger' or short-rest used in billiards is also often called a 'gadget'; and the name has been applied by local platelayers to the 'gauge' used to test the accuracy of their work. In fact, to borrow from present-day Army slang, 'gadget' is applied to 'any old thing.'
Penggunaan istilah dalam bahasa militer pada angkatan laut. Dalam buku "Above the Battle" oleh Vivian Drake, yang diterbitkan pada tahun 1918 oleh D. Appleton & Co, New York dan London, menjadi memoir seorang pilot di British Royal Flying Corps, ada kutipan berikut: "Our ennui was occasionally relieved by new gadgets -- "gadget" is the Flying Corps slang for invention! Some gadgets were good, some comic and some extraordinary."


Yaaak, cukup sekian dulu sejarah singkat dari kata "Gadget". Kalo sekarang sih kata gadget udah merujuk tentang benda yang menggunakan teknologi mesin, yang mampu membuat pemiliknya menjadi lebih keren. Itu sih cuma opini saya. Hehehe...

Sekian dulu yaah, nanti kita ketemu lagi di post berikutnya :D

Wassalamu'alaikuuum

No comments:

Post a Comment